Investasi Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Investasi Untuk Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Themetaboliccookingdave –┬áJenis investasi apa yang paling tepat untuk membangun dana pendidikan anak? Ini adalah pertanyaan yang kebanyakan orang tua tanyakan pada diri mereka sendiri mengingat tingginya biaya pendidikan. Di sisi lain, orang tua selalu menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Tingginya biaya pendidikan memaksa orang tua untuk menginvestasikan jumlah yang lebih besar. Jenis investasi berikut ini paling cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

1. Tabungan Pendidikan

Menabung adalah cara termudah untuk mengumpulkan Dana pendidikan anak. Namun, yang dibuka di sini bukanlah tabungan biasa untuk rangkaian kebutuhan hidup, melainkan tabungan khusus untuk pendidikan.

Tabungan ini akan digunakan untuk membayar uang pembangunan ketika anak-anak mulai sekolah, biaya sekolah, seragam, buku dan alat tulis.

Sayangnya, suku bunga tabungan pendidikan sangat rendah, dari 2% menjadi 4%, disesuaikan dengan periodenya. Semakin lama jangka waktunya, semakin besar jumlah bunga yang diperoleh.

2. Asuransi Pendidikan

Sepintas, asuransi pendidikan mirip dengan tabungan pendidikan, meski keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Seperti namanya, asuransi pendidikan merupakan produk asuransi yang melindungi pendidikan anak. Asuransi pendidikan sendiri merupakan gabungan dari produk tabungan dan asuransi jiwa berjangka.

Besarnya dana pendidikan anak yang diperoleh akan disesuaikan dengan kontrak atau kesepakatan yang diberikan dalam polis asuransi. Oleh karena itu, baca dan pahami setiap poin yang muncul dalam polis asuransi Anda.

Juga, mintalah referensi kerabat Anda tentang perusahaan asuransi yang paling menguntungkan. Kemudian bicarakan dengan agen asuransi tentang produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak Anda.

3. Deposito

Dibandingkan menabung untuk pendidikan, deposito berjangka jauh lebih menguntungkan karena suku bunganya lebih tinggi, yakni 4% sampai 6% per tahun. Jika Anda menyetor 100 juta rupee dan tingkat bunga 5% per tahun, totalnya menjadi 110 juta rupee dalam 2 tahun sebelum dikurangi biaya lainnya.

Harap diperhatikan bahwa penarikan deposit hanya dapat dilakukan pada saat jatuh tempo. Baik dalam 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Jika pengambilannya sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka akan dikenakan denda.

Simpanan disesuaikan dengan kebutuhan jangka pendek. Oleh karena itu, dapat digunakan sebagai alternatif untuk membiayai kebutuhan dalam jumlah kecil atau menengah, seperti pembayaran buku, seragam baru atau bantuan sekolah untuk anak-anak.

4. Reksa Dana

Reksa dana bisa menjadi salah satu jenis investasi terbaik untuk pendidikan anak, mengingat biaya pendidikan dikatakan meningkat 10-15% per tahun. Reksa dana dapat menawarkan pengembalian yang lebih tinggi yang tentu saja dapat menutupi biaya pendidikan yang lebih tinggi.

Reksa dana dapat ditransfer kapan saja dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan anak. Yang terbaik adalah menjual ketika harga naik untuk memaksimalkan keuntungan.

Sayangnya, di balik keunggulan tersebut, ada risiko yang harus diambil. Salah satunya ketika kondisi ekonomi sedang bergejolak, hal ini akan mempengaruhi harga reksa dana. Kelola reksa dana sebaik mungkin untuk meminimalkan risiko.

5. Emas

Selain menunjang penampilan, emas toh merupakan instrumen investasi yang menguntungkan. Emas sangat likuid artinya bisa dijual kapan saja, di mana saja, dan pastinya dijual di tempat. Jika Anda membutuhkan dana mendesak, emas bisa menjadi alternatif yang tepat selain dana darurat.

Harga emas terus meningkat dari tahun ke tahun. Semakin awal Anda mulai berinvestasi emas, semakin tinggi potensi keuntungan Anda.

Anda tidak perlu menyiapkan banyak uang untuk berinvestasi emas. Saat ini Pegadaian dan berbagai toko online menawarkan program pembayaran emas yang bisa Anda cek untuk menyiapkan dana pendidikan anak.